Selasa, 25 Oktober 2011

KONSEP BAHASA PEMROGRAMAN

PROGRAM : Merupakan himpunan atau kumpulan instruksi tertulis yang dibuat oleh programer atau suatu bagian executable dari suatu software.

PEMROGRAMAN : Suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu, dimana instruksi tersebut menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer atau dikenal dengan bahasa pemrograman.
DATABahan mentah yang akan diolah menjadi informasi sehingga  dapat dipergunakan oleh user atau pemakai.

Tipe data yang biasa digunakan adalah :
1. Tipe Data Dasarmerupakan tipe data primitif yang tidak terstruktur yang didefinisikan oleh bahasa pemrograman.
    Tipe data dasar dibagi menjadi lima bagian yaitu :
    a. Tipe Data Numerik : disetiap bahasa pemrograman dapat dipastikan ada tipe data numerik yaitu menyimpan data berupa angka.
       - Integer  : merupakan bilangan bulat positif dan negatif
     - Subrange  : merupakan sebuah subtype dari tipe data integer dan terdiri dari urutan nilai-nilai integer dalam range yang tebatas.
       - Floating-point Real  : biasa disingkat dan disebut tipe data riil.
      - Fixed-point Real  : Bilangan fixwd-pont direpresentasikan dengan urutan digit yang mempunyai panjang tetap dengan titik decimal diposisikan ditempat yang diberikan antara dua digit.
       - Lain-lain  : Tipe data lainnya adalah bilangan kompleks dan bilangan rational.
     b. Enumerasi  : adalah suatu urutan list dari nilai-nilai yang berbeda.
     c. Boolean  : tipe data untuk merepresentasikan True atau False.
     d. Character  : tipe data untuk menyimpan rangkaian karakter.
     e. Internationalization : disebut I18N


2. Tipe Data Terstruktur : merupakan tipe data campuran dari berbagai tipe data dasar, contohnya array, record, string, list dan file.   

3. Tipe Data didefinisikan oleh Pemakai : tipe data ini biasanya disebut Enumerasi.

4. Tipe Data Penunjuk : contoh tipe data penunjuk adalah pointer.

MODEL KOMPUTASI

Model Komputasi  : adalah suatu kumpulan dari nilai dan operasi-operasi.
Ada 3 dasar model komputasi :
1. Model Fungsional
   Model perhitungan yang fungsional terdiri dari satu set nilai-nilai, fungsi dan operasi aplikasi, fungsi dan komposisi fungsi.
2. Model Logika
    Logika model perhitungan terdiri dari suatu set nilai-nilai, definisi hubungan dan kesimpulan logis.
3. Model Imperative
   Model perhitungan yang imperative terdiri dari satu set nilai-nilai yang mencakup suatu status dan operasi tugas-tugas untuk memodifikasi status tersebut.

DEFINISI SINTAKS, SEMANTIK DAN PRAGMATIS 

SINTAKS               : Aturan gramatikal / komposisi suatu program yang mengatur  tata cara penulisan huruf, angka dan karakter lain.
Contoh : Pada pembuatan program Pascal antara 2 statement dipisahkan oleh ; (titik koma)
               X:=1;  X:=X+1;

SEMANTIK          : Mendefinisikan arti dari program yang benar secara sintaks dari bahasa pemrograman tersebut.
Contoh : Pada pembuatan program C
               int vector[10]
               Arti semantiknya akan menyebabkan ruang sebanyak 10

PRAGMATIS       : Menguraikan derajat tingkat sukses dengan suatu bahasa pemrograman kepada model perhitungan dalam kegunaannya untuk para programer.

Prinsip-prinsip Desain Bahasa Pemrograman

a.       Clarity, Simplicity dan Unity
Bahasa pemrograman harus dapat menolong programer untuk membuat suatu desain program jauh  sebelum programmer melakukan coding. Kemudahan, kesederhanaan dan kesatuan merupakan suatu kombinasi yang membantu programmer mengembangkan suatu algoritma sehingga algoritma yang dihasilkan  mempunyai kompleksitas yang rendah.

b.      Orthogonality
Orthogonality menunjuk kepada suatu atribut yang dapat dikombinasikan dengan beragam fitur bahasa pemrograman sehingga setiap kombinasinya mempunyai arti dan dapat digunakan.

c.       Kewajaran untuk Aplikasi
Bahasa pemrograman membutuhkan syntax yang tepat/cocok yang digunakan pada struktur program untuk merefleksikan struktur logika yang melandasi suatu algoritma. 

g.    Portabilitas Program
Salah satu kriteria penting untuk proyek pemrograman adalah kemudahan program yang sudah jadi untuk dipindah-pindahkan dari komputer yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan ke komputer lain yang akan menggunakannya.

h.    Biaya Penggunaan
Biaya merupakan elemen penting dalam mengevaluasi suatu bahasa pemrograman.

Ada beberapa biaya yang dapat diukur yaitu :
1. Biaya Eksekusi Program
2. Biaya Translasi/kompilasi Program
3. Biaya Penciptaan, Testing dan Penggunaan Program
4. Biaya Pemeliharaan Program

0 comments:

Posting Komentar

 

YESSY OKTAVYANTHI Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon | Sponsored by: Website Templates | Premium Wordpress Themes | consumer products. Distributed by: blogger template