Minggu, 27 November 2011

PERSAMAAN HAK DAN DERAJAT MASYARAKAT INDONESIA

Menurut pandangan saya terhadap persamaan hak dan derajat masyarakat Indonesia tidak merata. Mengapa demikian? Karena di zaman saat ini, kebanyakan masyarakat Indonesia masih memiliki pola pikir yang kurang menguntungkan untuk diri sendiri atau kalau saya boleh katakan memiliki pola pikir masyarakat di era industrialisasi. 

Ingat kawan, kita sekarang hidup di era yang baru; era informasi. Banyak hal dan kenyataan hidup orang-orang di era industrialisasi yang sudah tidak relevan lagi dengan kondisi dan kenyatan yang ada sekarang. 

Pada era industrialisasi, kita didik untuk menjadi seorang pekerja industri, dengan segala konsekuensi yang ada. Konsekuensi seperti apa? Konsekuensi yang paling nyata dan dialami oleh kebanyakan orang pada era industrialisasi adalah bertambahnya masalah sosial masyarakat. 

Uang dan materi menjadi tolak ukur kesuksesan seseorang, sehingga hal tersebut membuat orang berlomba-lomba untuk mengejar materi demi memenuhi salah satu kebutuhan dasar manusia dan kebutuhan aktualisasi diri. Kemudian, cara kerja dan gaya hidup orang-orang di era industrialisasi ternyata tidak berhasil memberikan kepastian dan keamanan hidup kepada kebanyakan orang di dunia ini. Hanya segelintir orang saja, yang benar-benar dapat menikmati hidup yang lebih membahagiakan dan bernilai tinggi. 

Tentunya dengan permasalahan yang terjadi seperti diatas menyebabkan persamaan hak dan derajat masyarakat di Indonesia tidak merata bahkan bisa dikatakan memprihatinkan. Mengapa tidak? Sebagai negara besar yang terdiri dari berbagai kelompok sosial yang berbeda suku, agama, ras dan tingkat ekonomi, serta persamaan hak dalam upaya mencapai harmoni dan kesejahteraan bersama masih belum dapat diwujudkan. Pemerintah telah mengambil berbagai langkah alternatif melalui upaya penetapan Peraturan dan Undang-Undang. 

Apakah hak itu?? Hak merupakan sesuatu yang mutlak yang dimiliki setiap manusia dan tidak dapat dipungkiri ketika lahir manusia secara hakiki telah mempunyai hak. 

Manusia berhak mendapatkan hak atas pendidikan, hak atas pelayanan, hak atas kesehatan, dan yang paling penting hak atas kehidupannya. Tetapi sebagian masyarakat Indonesia tidak dapat menikmati itu semua. 

Sedangkan, persamaan derajat di Indonesia sangat memprihatinkan realitanya masyarakat kelas menengah keatas lebih mudah mendapatkan hak mereka, sementara masyarakat kelas bawah sangat kurang di perhatikan, dan sering jadi korban produk hukum yang masih sering berpihak pada mereka yang kaya. Yang kuat akan menindas yang lemah, yang kaya akan merendahkan yang miskin. Dan bahkan untuk kepentingan pribadi rela menjatuhkan sesama manusia demi keinginanya tercapai. 

Saya harap Indonesia, negara kita tercinta ini dapat menyamaratakan hak dan derajat masyarakatnya. 



0 comments:

Posting Komentar

 

YESSY OKTAVYANTHI Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon | Sponsored by: Website Templates | Premium Wordpress Themes | consumer products. Distributed by: blogger template