Jumat, 04 Mei 2012

MANUSIA DAN KEADILAN

Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Menurut sebagian besar teori, keadilan memiliki tingkat kepentingan yang besar. Keadilan memberikan kebenaran, ketegasan dan suatu jalan tengah dari berbagai persoalan juga tidak memihak kepada siapapun. Dan bagi yang berbuat adil merupakan orang yang bijaksana.

Berbagai macam keadilan, yakni :
1. Keadilan Legal atau Moral, ialah keadilan itu berasal dari    dalam jiwa manusia itu sendiri.
2. Keadilan Distributif, keadilan dapat terlaksan jika adanya suatu bukti yang membenarkan
3. Keadilan Komunikatif, keadilan yang bertujuan untuk menjaga komunikasi dan ketertiban agar terciptanya kesejahteraan dalam hidup bermasyarakat.

Suatu kehidupan tidak jauh dari sebuah keadilan dimana ada kehidupan pasti ada keadilan. Seseorang diciptakan dengan adil juga, ada kekurangan ada kelebihan itu yang dinamakan keadilan artinya tidak memberatkan salah satu pihak.

Semua manusia menginginkan suatu keadilan di hidupnya tapi bagaimana bisa dia mendapat suatu keadlian jika dia sendiri tidak memiliki sifat adil dan tidak mau membuat keadilan itu sendiri. Manusia memnag memiliki hak dan kewajiban yaitu diadili dan mengadili tapi itu semua tidak berguna kalau kita sendiri tidak mengerti makna terdalam dari adil itu sendiri. Setiap kehidupan manusia dalam melakukan aktivitasnya pasti pernah mengalami perlakuan yang tidak adil

Jarang sekali kita mengalami perlakuan yang adil dari setiap aktivitas yang kita lakukan. Dimana setiap diri manusia pasti terdapat suatu dorongan atau keinginan untuk berbuat jujur namun terkadang untuk melakukan kejujuran itu sangatlah sulit dan banyak kendalanya yang harus dihadapi seperti keadaan keadaan dan situasi, permasalahan teknis hingga bahkan sikap moral.

Dampak positif dari keadilan itu sendiri dapat menghasilkan kreatifitas dan seni tingkat tinggi, karena ketika seseorang mendapat perlakuan yang tidak adil maka orang tersebut akan mencoba untuk bertanya atau melakukan perlawanan “protes” dengan caranya sendiri. Dan dengan cara itulah yang dapat menghasilkan kreatifitas dan seni tingkat tinggi seperti demonstrasi, melukis, menulis dalam bentuk apapun hingga bahkan membalasnya dengan berdusta.

sumber :

0 comments:

Posting Komentar

 

YESSY OKTAVYANTHI Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon | Sponsored by: Website Templates | Premium Wordpress Themes | consumer products. Distributed by: blogger template