Jumat, 04 Mei 2012

MANUSIA DAN KEINDAHAN

Keindahan merupakan bagian dari hidup manusia. Keindahan tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Keindahan yang besifat universal, artinya tidak terikat oleh selera perseorangan, waktu dan tempat, selera mode, kedaerahan atau lokal.

Keindahan berasal dari kata indah artinya bagus, permai, cantik, elok, molek, dan sebagainya. Keindahan adalah identik dengan kebenaran.

Keindahan terdapat pada semua elemen seperti keindahan alam, keindahan seni visual, suara, ataupun keindahan manusia. Unsur atau sifat keindahan dapat membuat manusia merasa baik, menciptakan perasaan manusia menjadi lebih baik.

Hubungan manusia dan keindahan, manusia adalah sebagai makhluk yang sempurna diciptakan dengan akal pikiran, perasaan dan nafsu. Pada kehidupan sehari-hari manusia tak pernah lepas dari unsur keindahan, baik menciptakan keindahan maupun menikmati keindahan itu sendiri secara langsung maupun tidak langsung.

Ada beberapa bagian manusia untuk menciptakan keindahan, ada yang menciptakan keindahan untuk dinikmati oleh orang-orang, ada yang menciptakan keindahan untuk dinikmati oleh dirinya sendiri. Sangat luas kawasan keindahan bagi manusia. Karena itu kapan, dimana, dan siapa saja dapat menikmati keindahan. Selain itu manusia memang secara hakikat membutuhkan keindahan guna kesempurnaan pribadinya. Tanpa estetika manusia tidak akan sempurna, karena salah satu unsur dari kehidupan adalah estetika.

Pada dasarnya semua unsur yang ada dimuka bumi ini memiliki keindahan alam, keindahan karya seni, keindahan musik ataupun bisa juga keindahan pada manusia itu sendiri yang diciptakan dengan kesempurnaan dibandingkan makhluk Tuhan yang lain.

Semua unsur di muka bumi ini adalah ciptaanTuhan maka pada dasarnya keindahan itu bersumber dari Tuhan dan diciptakan oleh Tuhan untuk dapat dinikmati oleh manusia, sehingga perasaan kita akan merasa lebih baik karena adanya keindahan itu sendiri oleh sebab itu kita harus bersyukur kepada Tuhan yang telah yang telah menciptakan semua keindahan yang sempurna dibandingkan makhluk yang lain dan dapat juga menciptakan suatu keindahan. Dan jangan pula kita merusak semua keindahan di dunia ini yang telah diciptakan Tuhan sepatutnya kita menjaga dan melestarikannya.

sumber :
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/ilmu_budaya_dasar/bab5-manusia_dan_keindahan.pdf
http://saddamhuseinritonga.blogspot.com/2012/04/manusia-dan-keindahan.html


0 comments:

Posting Komentar

 

YESSY OKTAVYANTHI Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon | Sponsored by: Website Templates | Premium Wordpress Themes | consumer products. Distributed by: blogger template