Jumat, 07 November 2014

Review Artikel Jurnal Ilmiah Nasional

Dari Jurnal :

"RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) DENGAN MENGGUNAKAN PHP DAN MySQL PADA DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI, INFORMASI DAN TELEMATIKA ACEH”

Karya : Zuliana Melsa

Identitas
Jurnal ini telah disetujui oleh pembimbing KTI Prodi Manajemen Informatika STMIK Universitas Budiyah Indonesia pada tanggal 24 september 2012.

Abstrak
Jurnal ini bertujuan untuk pengembangan teknologi informatika di Aceh yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informasi dan Telematika Aceh. Dibutuhkan database dalam pengembangan ini, yang menggunakan PHP dan MySQL. Sebelum sistem dibangun diawali dengan merancang DFD, ERD, Flowchart dan Rancangan Database. Dengan adanya Database dapat memudahkan pengimputan data Bimtek, pengajaran, peserta, kabupaten, instansi dan pelajaran yang nanti akan dicetak pada format PDF. Kata kunci yang digunakan : DFD, ERD, Technical Guidance Information System, PHP, Mysql, Database.

Latar Belakang
Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informasi dan Telematika adalah suatu badan pemerintahan yang bergerak dibidang pengelolaan data. Seiring dengan berkembangnya jaman, maka data yang dibutuhkan juga semakin banyak dan terkadang masih bersifat manual. Oleh karena itu, diperlukan sistem yang berbasiskan database sehingga dapat mempercepat dan mempermudah dalam melakukan pendapatan mengenai hal-hal yang dianggap penting dan sangat dibutuhkan Pemerintahan Aceh.

Membuat suatu bentuk penulisan manual menjadi program yang Up-date untuk bisa membantu kelancaran sistem kerja pada suatu perusahaan, dinas, atau organisasi lainnya. Maka dari itu penulis menyusun program untuk mengolah aplikasi BIMTEK. Terdapat 4 permasalahan yang timbul dalam proyek ini, yaitu :
  1. Bagaimana mengetahui jumlah peserta keseluruhan yang mengikuti bimbingan teknis dari berbagai instansi
  2. Bagaimana mengetahui jumlah peserta bimbingan teknis dari setiap kabupaten
  3. Bagaimana mengetahui aplikasi atau jenis pelajaran ang diajarkan pada bimbingan teknis.
Metodelogi Penelitian
Untuk mendukung penulisan, penulis melakukan pengumpulan data dengan metode, yaitu :
  1. Penelitian lapangan, adalah mendapatkan data langsung baik dengan diskus, wawancara maupun observasi.
  2. Penulisan Teoritis, adalah memperoleh bahan rujukan berupa referensi yang bersifat teoritis dari buku-buku dan sumber bacaan lain yang dapat mendukung penulisan laporan ini.
Diagram konteks


Flow Chart

0 comments:

Posting Komentar

 

YESSY OKTAVYANTHI Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon | Sponsored by: Website Templates | Premium Wordpress Themes | consumer products. Distributed by: blogger template