Sabtu, 07 Juni 2014

Cloud Computing

Definisi

Cloud artinya (awan). Cloud sendiri di ibaratkan sebagai perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, penyimpanan, layanan dan interface yang berbasis internet.

Computasi bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma pada jaman dahulu. Selama ribuan tahun perhitungan dan komputasi umumnya menggunakan pena dan kertas, bahkan kapur dan batu tulis, terkadang dengan bantuan suatu tabel, namun sekarang kebanyakan komputasi dilakukan menggunakan komputer. 

Cloud Computing adalah penggunaan sumber daya komputasi yangg di wujudkan dalam bentuk layanan yang bisa di akses melalui jaringan internet.

Cara kerja cloud computing

Sebuah server pusat mengelola sistem memantau lalu lintas dan permintaan client untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Sistem ini mengikuti seperangkat aturan yang disebut protokol dan menggunakan jenis khusus dari perangkat lunak, yang disebut middleware network. Middleware network memungkinkan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain.

Klasifikasi layanan cloud computing yaitu :
  • PaaS (Platform as a Service) layanan ini memfokuskan untuk membuat desain, men-deploy dan juga menghost aplikasi di internet. Penyedia layanan : Perusahaan DATABASE; Google big, Table amazon.
  • Saas (Software as a Service) layanan ini memberikan service berupa akses software kepada customer tanpa harus membeli, biasanya para vendor atau service provider sudah menyediakan berbagai software. Cukup akses internet untuk akses software. Penyedia layanan : perusahaan PRODUCTIVITY; Zoho, Google apps.
Manfaat dari cloud computing

Manfaatnya yaitu hemat uang, waktu, simple dan gratis, contohnya ketika saya menggunakan media penyimpanan awan seperti BOX, aplikasi ini memberikan layanan penyimpanan data dan gratis 2 gb. Tersedia untuk smartphone android, iphone, dll.

Sumber :

0 comments:

Posting Komentar

 

YESSY OKTAVYANTHI Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon | Sponsored by: Website Templates | Premium Wordpress Themes | consumer products. Distributed by: blogger template